Senin, 19 Oktober 2009

UPL nich..

sesuai judulnya "UPL nich" maka bahasan kali ini akan berkutat seputar UPL. Sebenarnya apa sich UPL itu?? itu adalah pertanyaan pertama.

UPL adalah kependekan dari Pengujian Perangkat Lunak, entah darimana sejak bertahun-tahun lalu sejak matakuliah ini dibuka selalu disingkat UPL. Padahal jelas-jelas namanya adalah Pengujuan Perangkat Lunak, kenapa gk disingkat PPL malah UPL. mungkin jawabannya adalah PPL sudah digunakan sebagai singkatan matakuliah lain yang lebih populer yaitu Proyek Perangkat LUnak, sehingga nama matakuliah ini akhirnya disingkat menjadi UPL atau kependekan dari Uji Perangkat LUNak. so jangan pada kaget lagi ya kalo denger istilah UPL.

UPL adalah salah satu dari matakuliah pilihan bidang minat RELASI. matakuliah ini berpusing-pusing mengenai pengujian suatu perangkat lunak yang telah direkayasa/dikembangkan sebelumnya. Dalam matakuliah ini dibahas berbagai macam metode pengujian perangkat lunak (testing..testing), mulai dari pengujian unit hingga pengujian integrasi, mulai dari pengujian modul hingga pengujian sistem, mulai dari pengujian blackbox hingga pengujian whitebox. Setelah bebrapa kali mengikuti kuliah ini penulis mendapat suatu doktrin/prinsip dasar dari suatu pengujian perangkat lunak ini, yaitu :

"SUATU PENGUJIAN DIKATAKAN BERHASIL JIKA PENGUJIAN TERSEBUT MENEMUKAN BUG DARI PERANGKAT LUNAK YANG DIUJI"

Jam kuliah UPL yang nomaden pada awal semester ini tidak membuat penulis patah semangat untuk mengikuti kuliah ini, hingga akhirnya kuliah menetap pada hari senin jam 15.30. Dosen pengampu mata kuliah UPL ini adalah P.Nurdin. Dosen yang baru saja kembali dari studi S2 di ITB adalah dosen yang cukup baik dalam menyampaikan materi perkuliahan. Terbukti dengan penulis sama sekali tidak mengantuk ketika mengikuti kuliah beliau. Cara penyampaian yang tidak terlalu bertele-tele tetapi tidak juga terlalu cepat juga disertai contoh-contoh yang menarik dan sangat asosiatif ditambah lagi dengan humor-humor khas orang cerdas menambah antusias mahasiswa untuk mengikuti kuliah UPL.

Untuk menambah wawasan bagi mahasiswa lainnya yang hendak mengetahui lebih dalam mengenai Pengujian suatu perangkat lunak penulis sediakan materi powerpoint P.NUrdin.
Uji Perangkat Lunak

note. jika link rusak hub Admin.

Tidak ada komentar: