Jumat, 14 Mei 2010

Pengetahuan Baru, PHP Framework - CodeIgniter

Dunia ini tak hanya selebar daun kelor. Rasanya peribahasa satu ini cukup untuk menggambarkan perasaan penulis saat menulis artikel ini. Eiitss..... jangan mikir yang aneh-aneh dulu tp. Semua ini hanya tentang perasaan penulis mengenai pengetahuan yang ia miliki, mungkin dapat juga tercermin dari judul artikel ini "Pengetahuan baru".

Banyak dari kita (termasuk penulis) merasa telah mengetahui, menguasai, ataupun merajai suatu hal, padahal pada kenyataan nya bahkan kita tak pantas disebut mengenal hal tersebut. Dalam hal ini adalah bahasa pemrograman - PHP (khusus untuk kasus penulis). Hingga pada beberapa hari yang lalu bertemu dengan salah satu senior yang bercerita mengenai framework PHP bernama CodeIgniter. Apa itu?? baru denger??

Ini adalah suatu pengetahuan yang benar-benar baru bagi penulis. Dan setelah beberapa hari menelusuri toko buku plus mengandalkan keajaiban abad-21 bernama "google.com", penulis baru menyadari betapa berharga dan dasyatnya pengetahuan ini jika penulis pelajari dengan sungguh-sungguh. Akhirnya pengetahuan inilah yang memotivasi penulis untuk menulis artikel ini. Tinggalkanlah develop aplikasi web-PHP dengan menggunakan metode konvensional, beralihlah ke framework.

Kenapa harus framework?? mungkin kesempatan ini penulis baru bisa membagi hal mengenai CodeIgniter. Jadi kenapa harus Framework & kenapa harus CodeIgniter??
1. Framework ini berukuran kecil dan ringan
2. Framework ini ditulis dengan PHP 4 sehingga bisa mendukung PHP 4 atau lebih tinggi yang menjadi standar hosting-hosting web pada umumnya
3. Mudah untuk memaintenance sistem karana telah menerapkan M-V-C Based (Model-View-Controller)
4. Mempercepat coding karena memiliki paket library yang lengkap dan sangat mudah digunakan
5. URL yang dihasilkan akan sangat bersih (clean) dan Search Engine Friendly
6. Dokumentasi yang lengkap dan jelas serta dukungan komunitas yang berkembang pesat
7. Gratis tis tis...
8. dan banyak lagi...

Rasanya sudah banyak alasan yang mendukung kita untuk mulai melirik bahkan beralih ke framework diantaranya CodeIgniter. Untuk itu penulis akan berbagi salah satu buku yang sangat menarik untuk dibaca :

download

Recomended book : CodeIgniter for Rapid PHP Application Development. Yuk sama-sama baca bukunya, sama-sama belajar, sama-sama memahami, sama-sama mengusainya. Yang jelas dunia tak hanya selebar daun kelor, jangan cepat puas dengan pengetahuan yang dimiliki sekarang masih banyak hal yang bahkan kita belum pernah mendengarnya. Kejar ketinggalan kita dan kuasai dunia untuk anak cucu kita..

by. Pecinta wanita tapi ku bukan buaya.

Tidak ada komentar: