Rabu, 30 Juni 2010

Cie..cie yang pada mau Seminar PKL

Seminar PKL adalah salah satu tahap kegiatan yang harus dilakukan pada matakuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tapi jangan mengganggap ini adalah bagian akhir dari matakuliah ini, masih ada satu tahap lagi sebelum kita dinyatakan lulus PKL yaitu Pengesahan laporan PKL.

Oke kali ini mari kita bahas saja tentang seminar PKL. Sebelumnya apa itu seminar PKL? menurut Pedoman Praktek Kerja Lapangan Seminar PKL adalah presentasi hasil laporan PKL yang difasilitasi oleh pembimbing PKL. Jadi walaupun namanya seminar tp pada dasarnya intinya hanyalah presentasi laporan. Gak jauh beda deh ketimbang presentasi2 kita sebelumnya di matakuliah SBP, RUS, dll. cuma bedanya di presentasi kita kali ini kita sendirian sbg objek yang presentasi.

Seminar PKL dapat dilakukan oleh semua peserta PKL yang telah menyelesaikan draft laporan PKL dan di-acc oleh dosen pembimbing. Yuph itu adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Selain syarat mutlak juga ada syarat administratif yang harus dipenuhi sebelum kita seminar PKL, diantaranya :

1. kartu bimbingan PKL (min 4x)
2. kartu telah mengikuti seminar PKL (min 5x)
3. surat layak uji (2 bh)
4. surat permohonan undangan (2 bh)
5. draft laporan PKL hardcopy
6. print out Slide presentasi
7. form berita acara seminar PKL
8. form penilaian
8. proposal PKL
9. peminjaman ruang

Yuph syarat2 diatas harus dipenuhi oleh peserta sebelum seminar PKL.

Langsung kita bahas satu2 aja y syarat nya. Pertama kartu bimbingan (yang warna kuning) itu minimal harus diisi 4x, kedua kartu yang warna pink harus diisi 5x. Selanjutnya kartu layak uji, yang contoh nya bisa didownload di bawah, diurus ke dosen pembimbing masing2 kemudian diajuin ke koordinator PKL (bu beta) lalu di kumpulkan ke jurusan. Untuk surat permohona undangan contohnya juga bisa didownload di bawah, itu di tandatangankan koordinator PKL lalu ke jurusan, nah kita tunggu 3-4 hari hingga surat undangan selesai dibuat, setelah itu baru diserahkan ke dosen pembimbing masing2. Banyak yang ngomong kalo surat undangan ini hanya formalitas karena kita juga wajib mengundang/mengingatkan dosen pembimbing masing2 secara informal agar tidak lupa. untuk syarat no 5-8 sudah jelas ketentuannya. Dan yang terakhir adalah peminjaman ruang.

Untuk peminjamna ruang yang pertama2 kita harus sepakati dahulu dengan dosen pembimbing kira2 waktu yang tepat kapan, dan jangan puas hanya dengan 1 jawaban waktu tetapi tanyakan juga alternatif waktu lainnya. Ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan ruang, karena ruang yang bisa digunakan untuk seminar PKL hanya 2, yaitu ruang sidang B dekanat lt.3 dan ruang sidang matematika lt.1.

Untuk alur peminjaman ruang dekanat lt.3
sebelum bikin surat cek di papan tulis umper dulu, tgl segitu ada yang makek apa blum -> minta ttd surat yang contohnya bisa didownload -> maju ke PD 2 -> serahkan surat ke bu diah umper -> ke mas joko umper (yg pake kacamata) utk dicatatkan di papan -> fotokopi surat (buat jaga2 kalo ada apa2) -> ksihin surat ke mas rajoko (di perpus).

Untuk alur peminjaman ruang sidang matematika
sebelum bikin surat cek di map mbak sri dulu, tgl segitu ada yang makek apa blum -> minta ttd surat -> ke mbak sri, biar dikasih paraf-> ke pak ramino (di daerah ruang dosen mat lt.1)

Sekalian mau kasih info, untuk peminjaman ruang sidang dekanat semua nya FREE termasuk LCD proyektor, sedang untuk ruang sidang matematika harus BAYAR 25rb untuk peminjaman LCD proyektornya. tetapi bandingkan alurnya, lebih simple yang mana??

Nah diatas adalah penjelasan kelengkapan2 seminar PKL, ayo buruan seminar jangan kelamaan!!!

untuk file2 yang dijanjikan diatas bisa didownload DISINI dan ditambahi sedikit DISINI.

jika link rusak hubungi "pecinta wanita tp q bukan buaya".


[UPDATE 10-02-2011 by haruelrovix]

u/ peminjaman ruang sidang d dekanat lt 3, qt diminta ngisi form C1. capek! file rangkap 3 qt dsuru ngisi tulis tangan satu-satu. berbekal dr situ, iseng ak maen k mipa.undip.ac.id. muter2 bentar, nemu deh file Form C1. nih udah ak upload k MF. ntar temen2 kl da yg mw minjem R Sidang Dekanat lt. 3, ngisi dulu aja form ini. Diketik biar rapi, trus print rangkap 3. (biar ntar g capek2 nulis tangan d Umper)

oh 1 lg. siapin fotokopi KTM 3x. pas kasusQ, ak cuman bw kopian 1. trus sama Mas Ibnu di-scan-in deh. (Kl mmg dsitu pny Scanner, knapa mahasiswa dsuruh bw kopian dr rmh? :hammer)

jgn lupa jg. KTM asli dtinggal dsana bwt jaminan. so, ambil duit dulu kl mmg d dompet kgk da duit. (pengalaman gokil penulis)

monggo diunduh: Form C1
*kalo link rusak tahu kand hrs ngubungin kemana.. :)

3 komentar:

test-blogging-today mengatakan...

tengkyuu :D

Fach mengatakan...

Kapan2 lah seminarnya :malu:

agikluffy mengatakan...

jgn lama-lama. keburu lupa.