Sabtu, 19 Februari 2011

Kuliah baru dimulai pada semester 8

Kuliah baru dimulai semester 8??? Yang bener aja, trus semester 1-7 namanya apa kalo gk kuliah??

Eits, jangan buru-buru buruk sangka dulu dengan tulisan ini. Untuk membahas pertanyaan tersebut memang diperlukan kepala yang dingin. Lalu apa maksud dari pertanyaan tersebut??

Menurut pengalaman penulis dan sedikit wawancara tanya sana tanya sini (tentu kepada yang lebih berpengalaman) plus feeling yang kuat, rasanya tidak berlebihan bila pertanyaan (atau pernyataan) tersebut dianggap BENAR bahwa "kuliah memang baru dimulai pada semester 8". Ya meleset-meleset nya baru dimulai minimal semester 8 lah.

Lalu apa dasar nya hingga pernyataan tersebut dianggap benar?? Pertama, dulu ketika SMA kita sering dengar kalo kuliah itu nanti hidupnya individual, gk da kebersamaannya lagi. Tapi apa kenyataannya?? Selama 7 semester kita kuliah di Informatika (dulu Ilmu Komputer) Undip ini kita tidak merasakan bahwa pendapat itu benar kan. Toh kita masih bisa bareng-bareng terus, masih bisa saling bantu (kuliah, tugas, ujuan), dan gk ada yang namanya istilah individual. Mampus aja loe kalo individual.. Mau hidup sendiri?? TAPI, rasanya hal tersebut akan menjadi kenyataan di semester 8 ini. Semua akan jalan sendiri-sendiri dan memang harus menemukan, membangun, dan menyelesaikan jalan nya masing-masing. Terutama yang berhubungan dengan Tugas Akhir a.k.a TA a.k.a Skripsi. Mungkin memang masih bisa saling bantu seperti kuliah-kuliah sebelumnya, tapi demi kebaikan semua lebih baik porsi bantuan nya mulai ditekan seminimal mungkin. Ingat semua yang ada di laporan TA kita akan dipertanggungjawabkan di depan 3 orang penguji secara individu, tanpa bantuan dari pihak manapun.

Masih berhubungan dengan TA, yang kebanyakan kasus akan diambil pada semester 8 ini, semua strategi belajar yang selalu disampaikan pak edy setiap perwalian nampaknya benar-benar harus kita terapkan. Bahkan mungkin harus lebih. Tidak seperti kebanyakan kuliah pada semester-semester sebelumnya yang selalu belajar dan benar-benar paham maksud sebenarnya dari materi kuliah adalah pada saat-saat terakhir menjelang ujian. Mungkin malah gk paham sama sekali materinya padahal nilai A sudah didapat. Rasanya TA tidak seperti itu. Pendalaman materi TA sangat diperlukan untuk bisa melewati hadangan mata kuliah ini. Pendalaman tersebut bisa didapat dengan membaca materi mata kuliah yang sebenarnya telah diajarkan sebelumnya, tetapi pada kebanyakan kasus justru benar-benar paham jika materi tersebut masuk dalam laporan TA kita. Banyak-banyak baca buku, banyak-banyak tanya sama yang lebih memahami, dan sebagainya.

Tugas Akhir memang benar-benar menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa informatika. Rasanya percuma semua nilai A pada mata kuliah-mata kuliah sebelumnya jika kita tidak bisa melewati ujian Tugas Akhir ini. Ini adalah pintu terakhir menuju S.Kom, tetapi hanya akan menjadi mimpi jika kita tidak bisa menemukan kunci untuk membuka pintu ini. Menurut beberapa pengalaman senior kita, mereka sudah menulis TA sebagai mata kuliah yang diambil sejak semester 7/8. Akan tetapi hingga semester ganti semester mereka belum bisa menuntaskannya. Semoga di akhir-akhir batas nanti (baca semester 14) semua bisa menuntaskannya.

Bahkan sempat kepikiran rasanya lebih mudah 6 sks TA ini jika ditukar 24 sks kuliah reguler (kuliah seperti biasa) untuk syarat kelulusan dan meraih gelar S.Kom. Tetapi itu aturan di tempat lain, sedang di kita aturanya ya harus menuntaskan 6 sks TA itu.

Oke, tulisan di atas bukan bermaksud menakut-nakuti, tp ya memang itu adalah kenyataan nya. Kenyataan yang harus dihadapi untuk meraih mimpi-mimpi besar kita di masa setelah kuliah. Semoga menjadi inspirasi. Dan jangan lupa untuk menuntaskan kuliah kita dimulai dari semester 8 ini. Ya satu-satunya cara dengan menuntaskan mata kuliah dengan nama TA. Untuk strategi-strategi menuntaskan TA insyaallah akan dibahas di post selanjutnya.

See you dan sukses selalu.

by. Pecinta wanita tapi ku bukan buaya..

Tidak ada komentar: